Pertemuan OKI Hasilkan Resolusi Tentang Situasi Kemanusiaan di Afghanistan

JAKARTA – Pertemuan luar biasa negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) pada Minggu (19/12) di Islamabad, menghasilkan dua dokumen, salah satunya Resolusi tentang Situasi Kemanusiaan di Afghanistan.

“Pertemuan darurat OKI hari ini menghasilkan dua outcome documents, yaitu Resolution on the Humanitarian Situation in Afghanistan dan Islamabad Declaration Concerning the Cause of Palestine and Al-Quds Al-Sharif,” kata Menlu Retno Marsudi seperti dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI  di Jakarta, Senin (20/12/2021).

Pertemuan Luar Biasa Menlu OKI yang membahas mengenai situasi kemanusiaan di Afghanistan, dilaksanakan di Islamabad pada Minggu (19/12).

Menurut Menlu Retno, Resolusi tentang Situasi Kemanusiaan di Afghanistan yang merupakan dokumen hasil dari pertemuan OKI itu berisi sejumlah langkah untuk mengatasi krisis kemanusiaan di Afganistan.

Langkah pertama adalah mendorong badan-badan PBB yang relevan untuk bekerja sama dengan OKI menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Afghanistan.

Ke dua, menyerukan kepada masyarakat internasional untuk segera mengirimkan bantuan kemanusiaan secara berkesinambungan kepada rakyat Afghanistan.

Ke tiga, memperkuat kantor OKI di Kabul Afghanistan untuk dapat memfasilitasi penyaluran bantuan kemanusiaan dan bantuan pembangunan bagi rakyat Afghanistan.

Ke empat, menetapkan bahwa Sekretaris Jenderal OKI untuk berkoordinasi dengan organisasi kesehatan dunia (WHO) untuk mengamankan pasokan vaksin dan obat-obatan yang dibutuhkan dalam penanganan pandemi Covid-19.

Lihat juga...