Perusahaan Asal Mesir Minati Kopi Asal Kota Batu

KOTA BATU, JAWA TIMUR — Perusahaan asal Mesir, CV Mabrouk meminati komoditas kopi asal Kota Batu, Jawa Timur, dan siap untuk mengimpor produk unggulan asal Indonesia tersebut pada 2022.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dalam keterangan tertulis yang diterima, di Kota Batu, Senin, mengatakan bahwa perusahaan asal Mesir tersebut telah melakukan kontrak dagang untuk mendatangkan 240 ton kopi asal Kota Batu.

“Semoga ini menjadi jalan bagi kopi asal Kota Batu Jawa Timur, yang memiliki rasa yang khas di pasar global,” kata Dewanti.

Dewanti saat ini tengah menjadi menjadi anggota Delegasi Republik Indonesia pada acara One Day With Indonesia Coffee Fruits Floriculture (ODICOFF) di Kairo, Mesir. Dalam acara itu, Dewanti memamerkan sejumlah produk unggulan asal Kota Batu.

Selain itu, Pemerintah Kota Batu juga sempat melakukan diskusi bisnis bersama Pemerintah Mesir, investor dan sejumlah perwakilan perusahaan asal Mesir. Beberapa komoditas yang dipromosikan Dewanti antara lain adalah produk apel dan kopi.

“Kami memiliki buah unggulan yaitu apel. Apel kami juga diolah dalam bentuk keripik buah dan fermentasi apel seperti wine dan cuka apel. Kami juga memiliki kopi dengan rasa apel, sangat unik,” kata Dewanti.

Usai menjelaskan potensi yang dimiliki oleh Kota Batu tersebut, CV Mabrouk tertarik untuk mendatangkan kopi asal kota wisata itu. Perusahaan asal Mesir itu, kemudian melakukan kesepakatan dengan para pelaku usaha asal Kota Batu.

“Selain itu, Kota Batu sebagai destinasi wisata di Provinsi Jawa Timur, juga dapat menjadi pangsa pasar yang bagus,” ujar Dewanti.

Acara One Day With Indonesia Coffee Fruits Floriculture tersebut, digelar oleh Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) secara serentak di sepuluh negara, termasuk di Mesir.

Lihat juga...