Produksi Industri Otomotif Jepang, Melonjak

JAKARTA – Produksi industri otomotif Jepang mencatat rekor lonjakan tercepat pada November tahun ini, menandakan situasi yang berangsur-angsur pulih setelah kemacetan rantai pasokan global berkurang.

Dikutip dari Reuters, Rabu, produksi tercatat naik menjadi 7,2 persen pada November jika dibandingkan bulan sebelumnya, menjadikannya lompatan terbesar sejak 2013.

Kenaikan tersebut lebih cepat dari perkiraan analis yang sebelumnya memproyeksikan kenaikan sebesar 4,8 persen. Pada Oktober, produksi otomotif di Jepang hanya mencapai 1,8 persen.

“Output pulih ke posisi sebelumnya karena produksi mobil rebound,” kata kepala ekonom di Norinchukin Research Institute, Takeshi Minami.

Tetapi, ia memperingatkan kemacetan pasokan global, terutama kekurangan chip, kemungkinan masih akan terjadi secara berkepanjangan, sehingga dapat memperlambat laju pemulihan produksi.

Di samping faktor krisis semikonduktor, risiko pandemi dengan munculnya varian virus Omicron diperkirakan akan mengaburkan prospek ekonomi terbesar ke tiga di dunia itu.

Data menunjukkan output produk mobil dan kendaraan bermotor lainnya melonjak 43,1 persen dari bulan sebelumnya pada November, sementara produksi produk plastik naik sebesar 9,5 persen.

Lihat juga...