Puluhan Rumah Rusak Akibat Hujan Deras dan Angin Kencang di Malang Raya

MALANG – Angin kencang dan hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu atau Malang Raya pada Jumat, menyebabkan puluhan rumah mengalami kerusakan dan pohon tumbang di sejumlah titik di wilayah tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan, mengatakan ada 38 rumah warga di Desa Pandansarilor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang rusak akibat hujan deras dan angin kencang.

“Ada laporan kerusakan 38 unit rumah di Desa Pandansarilor, Kecamatan Jabung. Saat ini masih dilakukan pendataan oleh tim BPBD Kabupaten Malang, masih di lapangan,” kata Sadono di Kabupaten Malang, Jumat (24/12/2021).

Sadono menjelaskan, dari total 38 rumah yang mengalami kerusakan akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada pukul 13.00 WIB tersebut, sebanyak satu unit rumah rusak berat, empat rusak sedang dan sisanya rusak ringan.

Menurutnya, dari total 38 unit rumah yang rusak itu berdampak kepada kurang lebih 154 keluarga. Sementara jumlah kerugian, diperkirakan sebesar Rp22,5 juta. Perbaikan sementara sudah dilakukan oleh tim BPBD Kabupaten Malang, dan elemen terkait termasuk warga.

Selain itu, lanjutnya, rumah rusak akibat hujan deras disertai angin kencang juga dilaporkan terjadi di Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso. Di desa tersebut, ada dua rumah yang dilaporkan mengalami kerusakan.

“Satu rumah rusak berat dan satu lainnya rusak ringan. Kerugian diperkirakan Rp200 juta. Saat ini dilakukan koordinasi untuk pembersihan dan pemotongan pohon tumbang,” katanya.

Sementara di wilayah Kota Malang, BPBD Kota Malang mencatat ada sebanyak 12 pohon tumbang yang salah satunya menyebabkan adanya korban luka-luka. Selain itu juga dua bangunan yang mengalami kerusakan.

Lihat juga...