RSUD Cengkareng Siapkan Ruang Khusus Antisipasi Lonjakan Covid-19

JAKARTA – Pengelola Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cengkareng, Jakarta Barat, menyiapkan ruang rawat inap dan transit khusus untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 setelah libur Natal dan Tahun Baru.

“Untuk ruangan transit pasien Covid-19, kita sediakan dengan kapasitas 30 tempat tidur dan ruang rawat inap itu 50 tempat tidur,” kata Humas RSUD Cengkareng, Aris Pribadi saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (3/12/2021).

Selain itu, pihaknya juga telah menggunakan 340 tempat tidur untuk pasien non Covid-19. Jika nanti kasus Covid-19 meningkat, maka ratusan tempat tidur itu akan diprioritaskan untuk pasien yang terpapar.

Menurut Aris, pihaknya sudah pernah merawat pasien Covid-19 dalam jumlah banyak pada gelombang kenaikan kasus beberapa bulan lalu.

Bahkan, pihaknya sempat menangani 200 pasien Covid-19. Berbekal pengalaman tersebut, Aris yakin RSUD Cengkareng dapat melayani secara maksimal, jika terjadi peningkatan kasus kembali.

“Kita kan pernah menghadapi lonjakan yang lalu ya. Kalau memang lonjakan kasus ada lagi, kita masih siap semua,” ujar Aris.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat berharap warga memiliki kesadaran penuh untuk taat protokol kesehatan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 dan libur Natal-Tahun Baru nanti.

“Sebenarnya intinya adalah kesadaran warga untuk taat prokes, karena kita ini sifatnya hanya pemantauan dan mengimbau,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Barat, Tamo Sijabat, saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin lalu.

Menurut Tamo, pemerintah hanya memberikan regulasi agar warga terhindar dari Covid-19. Regulasi yang dimaksud seperti pengetatan selama PPKM dan vaksinasi massal.

Jika warga tetap melanggar ataupun mengabaikan regulasi tersebut, maka tidak menutup kemungkinan angka penyebaran Covid-19 akan meningkat. (Ant)

Lihat juga...