Rupiah Ditutup Menguat Seiring Optimisme Investor Terhadap Ekonomi Global

JAKARTA — Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis sore ditutup menguat, seiring optimisme investor terhadap pertumbuhan ekonomi global.

Rupiah sore ini ditutup menguat 57 poin atau 0,4 persen ke posisi Rp14.233 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.290 per dolar AS.

“Dolar AS melemah karena investor yang mengadopsi sikap yang lebih optimistis terhadap outlook ekonomi, meskipun menyebarnya virus varian Omicron,” kata Analis Monex Investindo Futures Faisyal dalam kajiannya di Jakarta, Kamis.

Pelaku pasar terlihat optimistis dalam melihat outlook ekonomi global setelah perilisan data tingkat keyakinan konsumen AS hasilnya lebih baik dari perkiraan pada Desember.

Data tersebut menunjukkan ekonomi akan terus berekspansi pada 2022, meskipun ada lonjakan kasus COVID-19 dan berkurangnya stimulus moneter.

Selain itu pelaku pasar juga mendapatkan kabar positif dari hasil penelitian di Afrika Selatan, yang menunjukkan penurunan risiko rawat inap dan penyakit parah pada orang-orang yang terinfeksi Omicron dibandingkan dengan varian Delta.

Lihat juga...