SAR Gabungan Bentuk 4 Tim Cari Korban Terseret Ombak Parangtritis

YOGYAKARTA – Tim pencarian dan pertolongan (SAR) gabungan membentuk empat unit pencarian dan pertolongan (SRU) dalam operasi pencarian hari ke dua seorang wisatawan yang dilaporkan terseret ombak Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, pada Kamis (30/12/2021).

“Rencana operasi SAR hari kedua dibagi menjadi empat SRU dimulai dari jam 06.00 WIB,” kata Humas Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Yogyakarta, Pipit Eriyanto, dalam keterangan tertulis usai Apel Pagi Tim SAR Gabungan di Yogyakarta, Jumat (31/12/2021).

Dia mengatakan, untuk SRU pertama, personel melakukan pemantauan di sepanjang Pantai Parangtritis menggunakan kendaraan berpenggerak ganda atau 4×4, untuk mengantisipasi pasang surut air laut.

Kemudian SRU dua, tim melakukan pemantauan di sepanjang pantai menggunakan kendaraan ampibi. Selanjutnya SRU laut melaksanakan pencarian menggunakan empat unit jetsky yang dibagi menjadi dua sorti.

“Untuk SRU darat melaksanakan penyisiran pantai ke arah barat dari Pantai Parangkusumo, Pantai Cemoro Sewu, Pantai Depok dan timur Pantai Parangndog,” katanya.

Selain itu, kata dia, personel SAR gabungan juga melaksanakan pemantauan di atas permukaan laut menggunakan pesawat tanpa awak atau drone via udara di lokasi kejadian.

Menurut dia, kejadian kecelakaan laut itu berawal ketika pada Kamis (30/12) sekitar pu kul 02.00 WIB, rombongan wisatawan dari Pondok Pesantren Bumiayu, Brebes, tiba di Pantai Parangtritis Bantul, yang kemudian rombongan langsung beristirahat.

Selanjutnya pada jam 06.00 WIB, rombongan menuju Pantai Parangtritis, terdapat dua orang, yaitu Fatih Abdi Muzaki (13) dan Dani Ahwan (15) bermain air, namun tidak lama kemudian korban Fatih terseret ke tengah, dan korban dua mencoba menolong, tapi malah ikut terseret ombak.

Petugas Sarsatlinmas dan SAR Ditpolair yang sedang berpatroli saat itu langsung memberikan pertolongan, dan korban Dani berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke tepi pantai, namun korban Fatih, warga Cibitung Bekasi belum dapat diselamatkan dan masih dalam pencarian SAR Gabungan. (Ant)

Lihat juga...