Sejumlah Wilayah di Kaltim Waspada Hujan Lebat

BALIKPAPAN – Sejumlah kawasan di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada Minggu-Senin (19-20 Desember), dinyatakan waspada kategori 4 dan kategori 3 oleh pihak berwenang, berdasarkan prakiraan berbasis dampak hujan lebat.

“Prakiraan berbasis dampak hujan lebat ini berlaku dari 19 Desember pukul 07.00 hingga 20 Desember pukul 07.00 Wita,” ujar Kepala Stasiun Meteorologi (Stamet) Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Erika Mardiyanti di Balikpapan, Minggu (19/12/2021).

Sejumlah kawasan dengan status waspada kategori 4 adalah Kabupaten Kutai Kartanegara, yang meliputi Kecamatan Kenohan, Muara Wis, Kembang Janggut, dan Kecamatan Tabang.

Kemudian Kabupaten Kutai Barat yang meliputi Kecamatan Muara Pahu, Penyinggahan, Jempang, Long Iram, Tering, dan Kecamatan Manor Bulatn.

Berikutnya adalah dua kecamatan di Kabupaten Mahakam Hulu, yakni Long Bagun dan Long Hubung. Kemudian satu kecamatan di Kabupaten Kutai Timur, yakni Kecamatan Busang.

Sedangkan untuk kawasan yang berstatus waspada kategori 3, lanjut Erika, terdapat tiga kecamatan di Kabupaten Kutai Barat, yakni Kecamatan Tering, Manor Bulatn, dan Kecamatan Long Iram.

Selanjutnya Kabupaten Mahakam Hulu juga masih di dua kecamatan yang sama dengan hari yang berbeda, yakni Long Bagun dan Long Hubung.

Kemudian Kabupaten Kutai Kartanegara meliputi Kecamatan Tabang dan Kembang Janggut. Kabupaten Kutai Timur dengan status waspada 3 di Kecamatan Busang.

Ia juga mengeluarkan peringatan dini untuk sejumlah kecamatan di Kaltim, yakni kecamatan berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat, diprakirakan terjadi pada 19-21 Desember.

Rinciannya adalah pada Minggu, 19 Desember dapat terjadi di Kecamatan Maratua, Tabalar, Kaliorang, Karangan, Muara Wahau, Sangkulirang, Penajam, Sangatta, Kelay, Pulau Derawan, Melak, dan Kongbeng.

Kemudian Kecamatan Muara Ancalong, Bengalon, Laham, Tana Grogot, Tabang, Long Apari, Tabang, Sendawar, Damai, Long Iram, Muara Pahu, Muara Muntai, Batu Sopang, Bentian Besar, Bongan, dan Kecamatan Batu Ampar.

Pada Senin, 20 Desember diprakirakan terjadi di Kecamatan Kaliorang, Karangan, Muara Wahau, Sangkulirang, Penajam, Sangatta, Muara Ancalong, Bengalon, Laham, Tabang, Damai, Long Iram, Muara Muntai, Bentian Besar, Bongan, Tanjung Redeb, Sandaran, Babulu, dan Long Bagun.

“Pada Selasa, 21 Desember, hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat diprakirakan terjadi Kabupaten Kutai Barat yang meliputi Kecamatan Melak, Sendawar, Damai, dan Long Iram,” ujar Erika. (Ant)

Lihat juga...