Sektor Energi Pimpin Penguatan IHSG Jelang Penutupan Akhir Pekan

JAKARTA — Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada jelang akhir pekan ditutup menguat, dipimpin saham-saham dari sektor energi.

IHSG ditutup menguat 7,13 poin atau 0,11 persen ke posisi 6.601,93. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 2,29 poin atau 0,24 persen ke posisi 939,41.

“Menguatnya mayoritas harga komoditas di antaranya minyak, nikel, timah, emas, batu bara, CPO, dan tembaga, serta optimisme pelaku pasar domestik yang mulai terlihat akan fenomena window dressing, menjadi katalis positif penguatan IHSG,” tulis Tim Riset Ajaib Sekuritas dalam ulasannya di Jakarta, Jumat.

Dibuka melemah, IHSG sempat menguat, namun kembali lagi ke zona merah, dan bertahan hingga penutupan sesi pertama perdagangan saham. Pada sesi kedua, IHSG masih berada di teritori negatif namun bergerak naik jelang penutupan bursa saham.

Berdasarkan Indeks Sektoral IDX-IC, empat sektor meningkat dengan sektor energi naik paling tinggi yaitu 1,83 persen, diikuti sektor barang baku dan sektor infrastruktur masing-masing naik 0,44 persen dan 0,16 persen.

Lihat juga...