Soal Keamanan Papua Wapres Instruksikan Pendekatan Baru

JAKARTA — Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menginstruksikan pendekatan baru terhadap sektor keamanan di Papua dan Papua Barat dalam rapat koordinasi, di Istana Wapres Jakarta, Rabu.

“Seperti Saudara-saudara tahu, bahwa kita sekarang melakukan upaya-upaya tetap pada fokusnya kesejahteraan, dengan adanya pendekatan baru di bidang keamanan,” kata Wapres saat memimpin rapat, di Istana Wapres Jakarta, Rabu.

Pendekatan baru tersebut, kata Wapres, lebih menekankan kepada strategi penggunaan teritorial melalui pendekatan bersifat humanis dan dialogis.

“Pendekatannya lebih humanis dan dialogis dengan masyarakat, terutama dengan tokoh-tokoh adat, tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh perempuan dan pemuda,” ujarnya.

Dalam rapat tersebut, Wapres menjabarkan masukan dari Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Letjen TNI Dudung Abdurachman.

“Inti pendekatan baru tersebut antara lain aparat keamanan TNI tidak berperang menumpas KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata), tetapi merangkul KKB sebagai bagian dari bangsa ini,” kata Wapres.

Lihat juga...