Suhu Arktik Capai Rekor Terpanas pada 2020

JENEWA – Suhu Arktik yang mencapai 38 derajat Celsius melanda sebuah kota Siberia tahun lalu selama gelombang panas berkepanjangan, yang memicu peringatan tentang intensitas pemanasan global. Rekor suhu tertinggi itu dipastikan oleh badan PBB, Organisasi Meteorologi Dunia (WMO), Selasa (14/12/2021).

Verkhoyansk, kota yang diterjang suhu terpanas pada 20 Juni 2020 itu, terletak 115 km arah utara dari Lingkar Arktik –wilayah yang menghangat lebih dari dua kali lipat dari rata-rata suhu global.

Suhu panas yang ekstrem itu menyulut kebakaran hutan dan tundra di sepanjang Rusia bagian utara, bahkan menghanguskan lahan gambut yang biasanya tergenang air dan melepaskan emisi karbon dengan jumlah yang mencetak rekor.

“Kemungkinan, sangat mungkin, suhu ekstrem yang lebih tinggi akan terjadi di wilayah Arktik di masa datang,” kata WMO dalam pernyataan.

Rekor suhu di Arktik itu menjadi salah satu fokus penyelidikan WMO tentang cuaca ekstrem, ketika perubahan iklim melepaskan badai dan gelombang panas yang tak tertandingi.

Lihat juga...