Tahun Buku 2020, Omset Modal Kita Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo Capai Rp2,163 Milyar

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

“Sampai dengan 31 Desember 2020, jumlah anggota koperasi mencapai 553 orang. Sedangkan jumlah calon anggota koperasi atau yang belum bayar iuran simpanan wajib dan simpanan pokok ada sebanyak 265 orang. Sementara yang memanfaatkan pinjaman Modal Kita tercatat sebanyak 492 orang,” ungkapnya.

Meski sepanjang tahun 2020 Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo mengalami berbagai kendala akibat pandemi Covid-19, namun Gatot mengatakan kondisi keuangan koperasi tetap dapat berjalan dengan baik. Hal itu dibuktikan dengan penilaian positif dari pihak auditor independen pada akhir Agustus 2021 lalu.

“Berdasarkan Laporan Auditor Independen atas telaah akun tertentu berdasarkan penerapan prosedur yang disepakati, tertanggal 14 Agustus 2021, disebutkan Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo serta kinerja keuangan dan arus kasnya telah sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari, Yayasan Damandiri yang merupakan yayasan bentukan Pak Harto, menetapkan desa Argomulyo Sedayu Bantul sebagai desa binaan sejak tahun 2017 lalu. Lewat program ini Yayasan Damandiri melakukan berbagai upaya pemberdayaan guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa.

Selain mendirikan kampung Homestay, serta unit usaha Warung Kita, Yayasan Damandiri juga menggelontorkan dana miliaran rupiah dengan mendirikan unit usaha Modal Kita. Melalui unit inilah Yayasan Damandiri, berupaya memberikan akses Pinjaman Modal usaha bagi warga kurang mampu untuk dapat memulai dan mengembangkan usaha baru, yang pada akhirnya mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan warga.

Lihat juga...