Teknik Hynobirthing, Agar Bumil Nyaman Hadapi Persalinan

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Teknik Hynobirthing merupakan salah satu ilmu pengetahuan untuk mengistrahatkan pikiran dan memberi energi positif untuk persiapan ibu hamil yang hendak melahirkan dengan reprogrammer.

Hypnobirthing adalah metode self-hypnosis (hipnotis diri sendiri) dan teknik relaksasi untuk mengurangi rasa takut, kecemasan, pikiran buruk, ketegangan, dan persepsi negatif yang rentan terjadi pada ibu hamil menjelang dan saat proses melahirkan.

“Teknik Hypnobirthing menjadi penting untuk dikuasai oleh bidan, guna memandu pikiran ibu hamil agar lebih positif, mampu mengendalikan perasaan, dan menjadi rileks selama proses persalinan,” kata Lanny P.S Kuswandi, CHt, CI, pelopor Hypnobirthing di Indonesia, usai mengisi seminar dan talkshow yang digelar RS Karunia Kasih Jatiwaringin, Kamis (16/12/2021).

Seminar dan talkshow mengambil tema “Nyaman Saat Hamil dengan Teknik Hypnobirthing, Lanny mengatakan bahwa melalui teknik hydpnobirthing akan mengurangi risiko ibu hamil terjadi komplikasi seperti pendarahan berat, badan bayi rendah dan lainnya.

Dokter Indro Chayadi Saleh, Direktur Rumah Sakit Karunia Kasih Jatiwaringin, melaksanakan seminar dan talkshow untuk menambah wawasan bidan perujuk RS Karunia Kasih, Kamis (16/12/2021). –Foto: M Amin

“Teknik Hypnobirthing di Indonesia sebenarnya sudah dikembangkan sejak 2003. Saat ini ada 4.000 bidan sudah mengikuti pelatihan. Diharapkan terus meningkat,” ujarnya.

Menurutnya, melalui teknik Hypnobirthing sebagai salah satu cara untuk menyiapkan generasi bangsa mulai dari dalam kandungan, karena dari proses cinta kasih sayang sampai proses makannya yang alami.

“Kalau bisa melahirkan melalui vagina, tentunya itu paling alami dan bermanfaat juga buat janin,” pungkasnya

Seminar dan Talkshow yang digelar RS Karunia Kasih Kota Bekasi diikuti puluhan bidan. Sebagian besar merupakan bidan perujuk RS Karunia Kasih.

“Ini adalah bentuk komitmen RS Karunia Kasih dalam meningkatkan kualitas melalui edukasi para bidan,” ungkap dr. Indro Chayadi Saleh, Direktur Rumah Sakit Karunia Kasih Jatiwaringin.

Seminar, jelasnya, adalah bagian dari tugas RS Karunia Kasih dalam memberikan edukasi bagi para bidan yang menjadi rekanan perujuk Karunia Kasih, agar makin baik mengetahui teknik Hynobirthing.

“Teknik Hynobirthing ini sebenarnya sudah lama dikenalkan di Indonesia. Teknik tersebut akan coba diterapkan di RS Karunia Kasih sebagai salah satu perbaikan pelayanan,” papar dr. Indro

Diketahui, saat ini RS Karunia Kasih merupakan salah satu rumah sakit tipe C di Jatiwaring yang mulai melengkapi diri. Berawal dari rumah sakit bersalin ibu dan anak, RS Karunia Kasih saat ini menjadi rumah sakit umum yang memiliki beberapa pelayan seperti bedah, saraf, rehabilitasi medis, THT.

Lihat juga...