Tiga Nelayan Aceh Tenggelam di Selat Malaka Dipulangkan dari Malaysia

BANDA ACEH — Tiga nelayan asal Aceh Tamiang yang mengalami musibah perahu tenggelam di perairan Selat Malaka pada 12 Desember 2021 lalu, dipulangkan ke Indonesia dari Malaysia.

“Saat ini mereka sudah berada di Jakarta, mereka terlebih dahulu harus menjalani karantina COVID-19,” kata Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) Almuniza Kamal dalam keterangannya yang diterima di Banda Aceh, Ahad.

Ketiga nelayan Aceh yang diselamatkan awak kapal Kontainer MV Kota Singa berbendera Singapura itu di antaranya Prasetyo (24), Hendra Syah Putra (23) dan Musliyadi (40), ketiganya asal Aceh Tamiang.

Almuniza mengatakan seperti nelayan Aceh sebelumnya yang dipulangkan dari luar negeri, saat tiba di Indonesia, mereka terlebih dulu dikarantina di wisma atlet Pademangan, Jakarta hingga beberapa hari ke depan.

Hal itu perlu untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan karena masih dalam masa pandemi COVID-19.

“Mereka diperiksa dulu atau melakukan tes usap (swab). Apabila nanti hasil mereka negatif, maka akan diperbolehkan pulang ke Aceh. Namun, jika diantara mereka ada yang positif, akan diisolasi terlebih dahulu, tapi kita doakan semoga mereka sehat-sehat semuanya,” ujarnya.

Almuniza menyebutkan, selama mereka di Jakarta, akan terus dipantau keberadaannya oleh tim BPPA. Sehingga, apabila mereka membutuhkan sesuatu dapat diberikan.

“Hal ini sesuai dengan yang diamanahkan pimpinan kita, Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Jadi kalau mereka perlu bantuan sesuatu bisa langsung menghubungi kita (BPPA),” katanya.

Lihat juga...