Timnas Bulu Tangkis Mundur dari Turnamen India

JAKARTA – Faktor stamina pebulu tangkis yang belum pulih total, menjadi salah satu alasan mundurnya timnas bulu tangkis Indonesia dari tiga turnamen yang akan berlangsung di India pada Januari 2022.

Penarikan diri ini diumumkan Pengurus Pusat Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI), Minggu, meliputi turnamen India Open (11-16 Januari), Syed Modi India International (18-23 Januari), dan Odisha Open (25-30 Januari).

“Performa tim utama, pelapis maupun junior diprediksi tidak akan maksimal. Mereka baru saja rehat dari pertandingan dengan intensitas yang demikian tinggi dan terus menerus sejak September hingga Desember,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, lewat keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (19/12/2021).

Selain itu, dengan adanya libur perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 juga berpengaruh pada porsi latihan yang tidak maksimal, karena seluruh penghuni Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, dibolehkan pulang dan kembali ke klub masing-masing.

Kurang siapnya timnas juga tidak hanya dari aspek atlet, namun juga keorganisasian yang akan sibuk menggelar seleksi nasional (seleknas) yang bertepatan di awal bulan Januari.

“Pada awal Januari, PP PBSI akan menggelar kegiatan Seleksi Nasional di Pelatnas Cipayung, yang diikuti ratusan pemain dari 34 provinsi,” tutur Rionny.

Lihat juga...