Titiek Soeharto Salurkan Bantuan Perlengkapan Sanitasi Bagi Warga Terdampak Erupsi Semeru

Jurnalis : Koko Triarko

LUMAJANG — Bantuan peralatan sanitasi seperti tandon air, pipa, dan pompa air diberikan untuk masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Bantuan berasal dari keluarga besar Presiden Soeharto ini disalurkan melalui Posko NU Peduli PCNU Lumajang di desa Sumberejo, Candipuro, Lumajang, Kamis (23/12/2021).

Koordinator Posko NU Peduli Lumajang, AM Ridwan, usai menerima bantuan perlengkapan sanitasi di dusun Bulak Manggis, desa Sumberejo, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (23/12/2021). -Foto: Koko Triarko

Usai menyalurkan bantuan paket sembako bagi warga terdampak erupsi Semeru di dusun Krajan dan meninjau lokasi dusun Kampung Renteng yang tenggelam oleh material Gunung Semeru, Siti Hediati Haryadi (Titiek Soeharto) juga menyalurkan bantuan perlengkapan sanitasi.

Perlengkapan sanitasi terdiri puluhan tandon air, pompa air dan pipa disalurkan langsung melalui Posko NU Peduli di dusun Bulak Manggis, desa Sumberejo.

Koordinator NU Peduli Lumajang di desa Sumberejo, AM Ridwan, mengatakan bantuan perlengkapan sanitasi sangat dibutuhkan warga untuk keperluan sehari-hari.

“Nantinya perlengkapan sanitasi ini akan dipasang bagi sekitar 2.400 warga terdampak, yang lokasinya akan ditentukan oleh pemerintah daerah setempat. Perlengkapan sanitasi ini sangat penting, mengingat daerah terdampak merupakan kawasan perbukitan, dan seluruh jaringan air warga terdampak hancur akibat erupsi,” jelas AM Ridwan, usai penyerahan bantuan tersebut di posko.

AM Ridwan juga menjelaskan, berbagai bantuan akam diberikan kepada sekitar 3.800 warga yang kini berada di 2.100 titik pengungsian, tersebar di rumah-rumah warga yang tidak terdampak.

“Saat ini bantuan masih sangat diperlukan, karena masih ada empat posko di Candipuro dan dua posko di Pronojiwo. Warga juga membutuhkan bantuan uang tunai untuk membeli keperluan sehari-hari sesuai kebutuhan masing-masing,” katanya.

Sementara itu, Titiek Soeharto yang berharap bantuan yang diberikan bisa sedikit meringankan beban warga terdampak erupsi Semeru.

Lihat juga...