Transmigran Asal Yogyakarta Segera Diberangkatkan Bulan Ini

YOGYAKARTA – Lima kepala keluarga (KK) yang sudah terdaftar sebagai calon transmigran asal Kota Yogyakarta, direncanakan diberangkatkan ke daerah tujuan pada pertengahan Desember 2021.

“Kami masih menunggu kepastian tanggal pemberangkatan ke daerah tujuan dari pusat. Namun, diperkirakan pada pertengahan Desember sudah bisa diberangkatkan,” kata Kepala Seksi Penempatan Perluasan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta, Sunarto di Yogyakarta, Rabu (8/12/2021).

Menurut dia, lima KK calon transmigran asal Kota Yogyakarta tersebut seluruhnya adalah calon transmigran yang seharusnya diberangkatkan pada 2020.

Namun, pemerintah pusat memutuskan tidak ada pemberangkatan transmigran pada tahun lalu, karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Pada 2021 ini, seluruh calon transmigran asal Kota Yogyakarta akan ditempatkan di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Di lokasi tersebut, juga akan ditempatkan transmigran dari Jawa Barat dan Jawa Timur, dengan total transmigran yang akan ditempatkan berjumlah 21 KK.

“Kami sudah melakukan survei ke lokasi tujuan, dan dipastikan kondisi lokasi penempatan sudah siap ditempati saat transmigran diberangkatkan,” katanya.

Lihat juga...