Warga Diminta Saling Bantu Hadapi Rob di Banjarmasin

BANJARMASIN – Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, meminta warga siaga menghadapi dampak air pasang dan saling bantu dalam menghadapi banjir rob yang terjadi di sejumlah wilayah kelurahan.

“Saat ini, air pasang mulai tinggi, menggenangi kawasan dan pemukiman. Harap hati-hati di rumah, saling bantu, saling tolong di saat bencana alam seperti fenomena tahunan calap (banjir),” katanya sebagaimana dikutip dalam siaran pers Humas Pemerintah Kota Banjarmasin, yang diterima di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (6/12/2021).

Ia berharap, banjir yang terjadi kali ini tidak berlangsung lama sebagaimana yang terjadi pada awal tahun. “Sama-sama kita berdoa agar diberi kesabaran dan terhindar dari bala, musibah,” katanya.

Wali Kota mengimbau warga yang membutuhkan bantuan menghubungi Posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di nomor 08115191964.

Menurut pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, banjir rob terjadi sejak Minggu (5/12) pukul 19.30 WITA hingga Senin dinihari.

​​​​​​​Banjir rob menyebabkan genangan di Jalan Jafri Zam-zam di Kelurahan Belitung Selatan, Jalan Pembangunan Ujung di Kelurahan Kuin Cerucuk, Jalan Kuin di Kelurahan Kuin Selatan, Jalan Simpang Anem di Kelurahan Belitung Utara, Jalan Sutoyo S di Kelurahan Teluk Dalam, dan Jalan Cendrawasih di Kelurahan Belitung Selatan di wilayah ​​​​​​Banjarmasin Barat.

Di Banjarmasin Selatan, banjir rob menimbulkan genangan di Jalan 9 Oktober di Kelurahan Pekauman, Jalan Kelayan B di Kelurahan Kelayan Timur, dan Jalan Keramat di Kelurahan Basirih.

Selain itu, banjir rob menimbulkan genangan di Jalan Rawasari Komp. Citra Sari di Kelurahan Teluk Dalam dan Jalan Antasan Kecil Barat (Kampung Arab) di Kelurahan Pasar Lama di Banjarmasin Tengah.

Genangan akibat banjir rob juga terjadi di daerah Pangeran di Kelurahan Pangeran, Jalan Sungai Jingah di Kelurahan Sungai Jingah, dan Jalan Sungai Miai di Kelurahan Sungai Miai di Banjarmasin Utara. (Ant)

Lihat juga...