Warga Jakarta Diminta Tenang, Meski Harga Pangan Naik

JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, meminta masyarakat tetap tenang di tengah peningkatan harga pangan beberapa hari jelang Natal dan Tahun Baru.

“Ini kami antisipasi, sudah dirapatkan. Paling penting juga masyarakat tidak usah khawatir, kami pastikan stok kebutuhan pangan ada dan terjaga dengan baik, dan harganya insyaallah tetap terjangkau sekalipun ada peningkatan di beberapa jenis pangan,” kata Riza di Balai Kota Jakarta, Kamis (16/12/2021).

Menurutnya, kenaikan harga bahan pokok menjelang hari raya seperti Natal merupakan hal yang biasa mengikuti kebutuhan dan permintaan pasar.

“Kenaikan itu biasa terjadi sesuai teori pasokan dan permintaan. Ketika Lebaran dan Natal itu memang ada peningkatan kebutuhan. Sehingga terkadang ada peningkatan permintaan diikuti dengan peningkatan harga,” ucapnya.

Lebih lanjut, Riza menyebut pihaknya telah berkoordinasi dan akan mencoba untuk menjaga kestabilan harga pangan dengan memastikan ketersediaan stok mencukupi bagi kebutuhan pangan di periode akhir tahun ini.

Ia pun berharap, meskipun ada peningkatan, harga beli masih dapat terjangkau bagi masyarakat. “Harganya kami harapkan tetap terjangkau sekalipun ada beberapa yang meningkat harganya, mudah-mudahan masih dalam jangkauan daya beli masyarakat,” kata Riza.

Adapun bahan-bahan pokok yang mulai mengalami kenaikan harga menjelang Natal, seperti minyak goreng dan cabai, khususnya rawit merah. Riza belum merinci contoh kenaikan harga pangan tersebut. (Ant)

Lihat juga...