Warga Lereng Merapi Galang Dana Bantu Warga Korban Erupsi Gunung Semeru

YOGYAKARTA — Sebagai bentuk solidaritas, kepedulian, serta rasa senasib dan sepenanggungan, warga masyarakat lereng gunung Merapi, tepatnya di desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta melakukan penggalangan dana bantuan untuk membantu masyarakat korban erupsi gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Diinisiasi Pemerintah Desa Kepuharjo, penggalangan dana ini dilakukan warga masyarakat setempat yang berasal dari 8 dusun yakni dusun Kaliadem, Jambu, Petung, Kopeng, Batur, Pagerjurang, Kepuh dan Manggong secara spontan sejak Kamis (09/12/2021) kemarin.

Hanya dalam waktu dua hari, total donasi bantuan yang terkumpul sementara mencapai Rp60.092.000. Bantuan ini langsung diserahkan warga desa Kepuharjo diwakili Kepala Desa Kepuharjo, Heri Suprapto, kepada perwakilan relawan organisasi kemanusiaan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) DIY, Aryo Tejo, bertempat di balai desa setempat Jumat (10/12/2021).

“Kami pernah mengalami bencana serupa, karena sama-sama hidup dan tinggal di kawasan lereng gunung berapi. Mungkin yang kami alami lebih parah. Karena itu kami merasa terpanggil untuk ikut peduli dan membantu saudara-saudara kita di Lumajang, yang tengah mengalami bencana erupsi gunung Semeru,” katanya.

Heri berharap, bantuan berupa uang tunai ini bisa turut membantu warga Lumajang Jawa Timur, khususnya yang menjadi korban bencana erupsi gunung Semeru. Sebagai sesama warga yang hidup dan tinggal di kawasan rawan bencana gunung berapi, ia juga berharap agar masyarakat Lumajang dapat tabah menghadapi bencana ini, serta mampu segera bangkit.

“Kita tahu betul apa yang sedang dirasakan warga Lumajang korban erupsi gunung Semeru. Baik itu kehilangan tempat tinggal, harta benda, pekerjaan sehari-hari. Namun kita berpesan agar saudara-saudara kita tetap dapat mengikuti apapun intruksi maupun ketentuan pemerintah setempat. Jika pemerintah mengintruksikan untuk pindah (relokasi) semoga bisa diikuti,” katanya.

Sementara itu perwakilan relawan organisasi kemanusiaan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) DIY, Aryo Tejo, mengaku menerima amanah bantuan warga desa Kepuharjo tersebut, dan akan segera meneruskannya kepada para korban erupsi gunung Semeru, di Lumajang Jawa Timur.

Bulan Sabit Merah Indonesia sendiri dikatakan telah mendirikan pos tanggap darurat di pos pengungsian Balai Desa Penanggal, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur. Selain melakukan asesment, Tim BSMI ini juga aktif melakukan pelayanan kesehatan bagi sedikit 400 orang lebih korban erupsi gunung Semeru.

Lihat juga...