Yogyakarta Siapkan Tes Acak Antigen Wisatawan Akhir Tahun

Dokumentasi - Petugas medis memproses hasil tes swab antigen di Posko dukungan penanganan COVID-19 BPBD DIY di Yogyakarta, Minggu (3/1/2020). Tim Reaksi Cepat BPBD DIY menambah personil relawan untuk mengoptimalkan dukungan penanganan pandemi COVID-19 di Yogyakarta khususnya proses pemakaman dan dekontaminasi. -Ant

YOGYAKARTA – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta akan melaksanakan tes acak antigen kepada wisatawan yang datang ke kota tersebut, termasuk saat libur Natal dan Tahun Baru 2022.

“Tetap akan kami lakukan di pusat keramaian, khususnya di kawasan Malioboro,” kata Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Yogyakarta, Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Selasa (14/12/2021).

Menurut dia, setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu, Satgas Penanganan Covid-19 Yogyakarta masih rutin melakukan pemeriksaan acak antigen ke wisatawan di Malioboro dengan menyiapkan 100 reagen.

Selain tes acak antigen, juga dilakukan vaksinasi kepada wisatawan yang belum menjalani vaksinasi. Tiap akhir pekan disiapkan 100 dosis vaksin.

“Dua kegiatan tersebut akan kami lakukan saat libur akhir tahun. Dimungkinkan disiapkan dalam jumlah yang sama,” katanya.

Heroe yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Yogyakarta tersebut, mengatakan penerapan aturan saat libur akhir tahun akan disesuaikan dengan level PPKM yang berlaku di Kota Yogyakarta.

“Tentunya dengan penyesuaian aturan terkait libur akhir tahun. Misalnya, menutup alun-alun dan lapangan saat malam tahun baru dan aturan perjalanan lain serta aturan pembatasan kapasitas,” katanya.

Lihat juga...