4 Tersangka Korupsi Masjid Sriwijaya Jilid 3 Pekan Depan Disidang

SUMSEL – Empat tersangka kasus dugaan korupsi dana hibah pembangunan Masjid Raya Sriwijaya jilid ke-3, menjalani persidangan pertama, pekan depan di Pengadilan Negeri Palembang, Sumatra Selatan (Sumsel).

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Sumsel, Mohd Radyan, mengatakan​​​​ sidang pertama untuk keempat dari enam tersangka jilid ke-3 tersebut akan digelar pekan depan pada Senin (17/1), di Pengadilan Negeri Palembang secara daring dari rutan Pakjo.

“Sepertinya sidang tersangka itu berlangsung secara daring,” kata dia di Palembang, Rabu (12/1/2022).

Menurut Radyan, para tersangka itu ialah Akhmad Najib (mantan Asisten I bidang kesra Pemerintah Provinsi Sumsel), Laonma L Tobing, (mantan kepala BPKAD Sumsel), Agustinus Antoni (mantan Kepala Bidang Anggaran BPKAD Sumsel) dan Loka Sangganegara selaku kontraktor pembangunan.

“Berkas untuk empat tersangka ini sudah dilimpahkan penyidik Kejati Sumsel ke pengadilan pada Rabu (5/1), di mana para tersangka dikenakan dakwaan berlapis,” ujarnya.

Adapun keempat tersangka disangkakan melanggar secara primair Pasal 2 ayat 1 Jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999, Jo UU Tahun 2021 tentang Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke (1) KUHP.

Lalu, Subsidair Pasal 3 Jo Pasal 18 UU nomor 31 tahun 1999, Jo UU nomor 20 tahun 2001 Jo Pasal 55 ayat 1 ke (1) KUHP dengan ancaman hukuman pidana penjara maksimal 20 tahun dan denda Rp1 miliar.

“Sementara itu yang bisa kami sampaikan, untuk dua tersangka lainnya seperti AN dan MM masih diproses oleh penyidik,” tandasnya. (Ant)

Lihat juga...