85 Rumah di Sungailiat Terancam Terendam Banjir

SUNGAILIAT, BANGKA — Terdata kurang lebih 85 rumah warga di Lingkungan Parit Pekir Sungailiat, Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terancam terendam banjir akibat pasang air laut dan dipengaruhi oleh intensitas hujan.

“Terdapat kurang lebih 85 rumah warga di RT 03 dan RT 04 yang terancam banjir, meskipun air belum masuk ke rumah warga namun air sudah mencapai ketinggian 30 sampai 75 centimeter,” kata Kepala Lingkungan Parit Pekir, Mohamat Rozi di Sungailiat, Selasa.

Dia mengakui, wilayah RT tersebut sering terjadi banjir saat air pasang maupun musim penghujan karena berada di posisi rendah dan tidak jauh dari pesisir pantai.

“Gerakan gotong royong warga di kawasan itu rutin dilakukan namun karena rumah warga berada di dataran rendah, potensi banjir tetap terjadi saat pasang air laut dan musim hujan,” katanya.

Menurutnya, pihaknya sengaja belum melapor ke BPBD setempat dan mengevakuasi warga atas ancaman banjir yang merendam pemukiman warga karena air belum sampai masuk ke rumah warga.

“Jika hujan cepat reda dan air laut surut, diperkirakan dua jam air yang saat ini merendam halaman rumah warga segera berkurang,” jelasnya.

Beberapa tahun sebelumnya di kawasan yang sama pernah terjadi banjir dengan ketinggian air mencapai kurang lebih satu meter atau sebelum diperbaiki saluran air, pasokan air yang cukup besar dari hulu saat musim penghujan mengakibatkan luapan air dan merendam puluhan rumah warga.

Hujan dengan intensitas sedang mulai terjadi di sebagian Kota Sungailiat pada Selasa sejak pukul 04.30 WIB. [Ant]

Lihat juga...