D’Garden Cafe DCML Samiran Mampu Buka Lapangan Kerja dan Berdayakan Warga Sekitar

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BOYOLALI — Keberadaan sub unit usaha Koperasi Sahabat Damandiri Samiran, berupa D’Garden Cafe yang terletak di kompleks objek wisata Taman Bunga Merapi Garden, yang baru saja diluncurkan pada akhir 2021 kemarin, mampu berkontribusi membuka lapangan kerja baru serta memberdayakan masyarakat sekitar Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah.

Salah seorang pegawai D’Garden Cafe, Fakih (25) warga asli dusun Senet, Selo, Boyolali. Foto: Jatmika H Kusmargana

Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, selaku pengelola D’Garden Cafe menyebut mempekerjakan sebanyak 10 orang pegawai tambahan tetap untuk mengelola cafe modern ala Eropa ini. Jumlah pegawai tersebut bahkan akan meningkatkan saat memasuki akhir pekan atau masa liburan, yakni mencapai 12-13 karyawan, seiring bertambahnya jumlah pengunjung.

“Dengan dibukanya D’Garden Cafe ini, kita bisa mempekerjakan 10-13 orang karyawan baru. Sehingga total pegawai yang berkerja di unit usaha taman bunga Merapi Garden ini keseluruhan mencapai 17-18 orang. Mereka mayoritas merupakan warga sekitar desa Selo,” ungkap Manager Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, Bayu Pramana, belum lama ini.

Tak hanya menyediakan lapangan kerja baru bagi warga sekitar Selo, Koperasi Sahabat Damandiri Samiran, melalui D’Garden Cafe ini juga berupaya memberdayakan dan mengajak mereka agar mengenal seluk-beluk usaha di bidang kuliner. Khususnya dalam mengelola cafe modern. Baik itu sebagai chief, barista, maupun waiters.

Salah seorang pegawai D’Garden Cafe, Fakih (25) warga asli dusun Senet, Selo, Boyolali, mengaku senang bisa bekerja di sub unit usaha Koperasi Sahabat Damandiri Samiran ini.

Ia mengaku bisa banyak belajar dan mencari pengalaman kerja baru khususnya di bidang pengelolaan cafe modern. Sehingga dapat menjadi modal berharga bagi dirinya jika suatu saat nanti ingin mengembangkan dan membuka sendiri usaha cafe miliknya.

“Bersyukur sekali bisa bekerja disini. Karena bisa dapat pengalaman baru, dan bisa belajar menjadi barista, waiters, ataupun membantu di bagian kitchen. Ini sesuai dengan cita-cita saya yang suatu saat nanti ingin punya cafe sendiri di kawasan Selo ini. Karena memang saat ini kawasan Selo semakain ramai wisatawan, sehingga sangat cocok untuk membuka usaha kuliner seperti cafe,” ungkap pemuda yang sebelumnya bekerja merantau di perusahaan catering di wilayah kota Boyolali tersebut.

Sebagaimana diketahui, Koperasi Sahabat Damandiri Samiran yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri, baru saja membuka sub unit usaha baru, berupa D’Garden Cafe yang berada di kompleks objek wisata Taman Bunga Merapi Garden pada akhir tahun 2021 lalu. Meski baru dibuka selama 2 hari, cafe modern ala Eropa ini tercatat telah mampu menarik jumlah pengunjung hingga mencapai 1200 orang.

Selain menjadi sumber pemasukan baru bagi Koperasi yang cukup menjanjikan, keberadaan D’Garden Cafe ini juga menjadi bukti keseriusan sekaligus konsistensi Koperasi Sahabat Damandiri Samiran, dalam mengembangkan dan memajukan perekonomian kawasan Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Samiran melalui sektor pariwisata sejak tahun 2017 silam. Hal ini sejalan dengan tujuan awal program pemberdayaan Yayasan Damandiri, dalam menyejahterakan masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan di desa Samiran.

Lihat juga...