Dieng Garden Mulai Ramai Dikunjungi Wisatawan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BANJARNEGARA — Setelah sempat terkatung-katung akibat terdampak pandemi Covid-19, Unit Usaha sektor pariwisata KUD Pelita Sejahtera Mandiri, yakni Taman Bunga Dieng Garden, yang dibangun Yayasan Damandiri sejak tahun 2020 lalu, mulai dibuka sejak beberapa bulan terakhir.

Selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2021 kemarin, unit usaha yang terletak di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Dieng Kulon, Batur Banjarnegara, Jawa Tengah ini bahkan nampak mulai ramai dikunjungi wisatawan.

KUD Pelita Sejahtera Mandiri, selalu pengelola, mencatat selama masa libur Nataru, jumlah pengunjung Dieng Garden tercatat meningkat dibandingkan hari biasa. Bahkan setiap akhir pekan, jumlah pengunjung tercatat bisa mencapai 80-100 orang per hari.

“Meski belum maksimal, namun selama libur Natal dan Tahun Baru ini ada peningkatan jumlah pengunjung. Didominasi para wisatawan yang berasal luar daerah. Kebanyakan mereka tertarik untuk melihat kebun stroberi,” ujar Manager Usaha Dieng Garden, KUD Pelita Sejahtera Mandiri, Bagus Ramadhani.

Bagus menyebut, saat ini objek wisata Dieng Garden memang tengah fokus mengembangkan objek wisata edukasi, berupa kebun budidaya. Terdapat sebanyak 2.000 lebih tanaman stroberi yang ditanam pengelola di lokasi wisata ini. Selain bisa melihat secara langsung proses budidaya, pengunjung juga bisa memetik serta membawa pulang.

“Karena jumlah tanaman yang ditanam masih terbatas, sampai saat ini kita baru bisa menjual sekitar 1 kilo setiap harinya. 1 ons stroberi kita jual Rp15ribu. Selama masa libur Natal dan tahun baru, kita sampai kewalahan melayani konsumen. Bahkan sampai inden,” ujarnya.

Melihat kondisi tersebut, pihak pengelola sendiri mengaku berencana menambah jumlah tanaman stroberi di Taman Bunga Dieng Garden. Dengan semakin banyak yang ditanam, diharapkan hasil panen juga akan semakin meningkat, sehingga mampu memenuhi permintaan pengunjung.

Sebagaimana diketahui, sejak 2018 Ialu, Yayasan Damandiri yang didirikan Presiden kedua RI, HM Soeharto menetapkan Desa Dieng Kulon sebagai desa binaan program Desa Cerdas Mandiri Lestari. Lewat program ini Yayasan Damandiri berupa mengatasi persoalan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Dieng Kulon melalui berbagai program pemberdayaan.

Suasana kawasan objek wisata Dieng Garden yang terletak di Desa Cerdas Mandiri Lestari DCML Dieng Kulon Batur Banjarnegara Jawa Tengah. Foto: Jatmika H Kusmargana

Selain mendirikan koperasi jasa KUD Pelita Sejahtera Mandiri sebagai motor penggerak ekonomi, Yayasan Damandiri juga memberikan akses pinjaman modal usaha bagi warga miskin melalui program Modal Kita. Sementara di sektor pariwisata, Yayasan Damandiri mendirikan dua unit usaha sekaligus yakni objek wisata Taman Bunga Dieng Garden serta Warung Cafe Damandiri di lahan seluas 2.700 meter persegi.

Mulai dibangun awal tahun 2020 lalu dan selesai Januari 2021, keberadaan Dieng Garden ini diharapkan mampu menjadi salah satu alternatif objek wisata baru di kawasan wisata dataran tinggi Dieng khususnya di DCML Dieng Kulon.

Tak seperti objek wisata lain yang telah ada sebelumnya, Taman Bunga Dieng Garden, memang menawarkan konsep yang berbeda. Yakni sebagai tempat wisata edukasi keluarga berbasis agrowisata.

Lihat juga...