Dua Hari Buka D’Garden Cafe Mampu Hasilkan Pemasukan Rp23 Juta

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BOYOLALI — Meski baru dilaunching sekitar 1 minggu terakhir, sub unit usaha Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, berupa D’Garden Cafe yang terletak di kawasan objek wisata Taman Bunga Merapi Garden, ternyata telah mampu menarik banyak pengunjung maupun wisatawan dari berbagai daerah.

Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya jumlah kunjungan objek wisata yang terletak di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah ini. Selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2022 kemarin, pihak pengelola bahkan mencatat pengunjung hingga mencapai 1.200 orang per hari.

“Selama dua hari buka saja, D’Garden Cafe ini bahkan bisa langsung mendapatkan pemasukan hingga mencapai Rp23 juta. Prospek usaha D’Garden Cafe ini sangat luar biasa,” ungkap Manager Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, Bayu Pramana belum lama ini.

D’garden Cafe sendiri dibangun Koperasi Sahabat Damandiri Samiran sebagai bagian pengembangan objek wisata Taman Bunga Merapi Garden. Cafe bergaya modern ala Eropa ini, menawarkan beragam sajian kuliner yang bisa dinikmati pengunjung, di tengah lokasi taman bunga berlatar pemandangan eksotis kawasan lereng pegunungan Merapi dan Merbabu.

“D’Garden Cafe ini dibangun dua lantai dengan konsep indor dan outdoor. Pada tahap awal, kapasitasnya bisa menampung sekitar 200 orang. Pengunjung bisa menempati ruangan indoor di dalam cafe, outdoor yakni di gazebo-gazebo taman bunga, ataupun di rooftop atas,” jelasnya.

D’Garden Cafe yang terletak di kawasan objek wisata Taman Bunga Merapi Garden, DCML Samiran Selo Boyolali Jawa Tengah. Foto: Jatmika H Kusmargana

Seperti halnya cafe modern lainnya, D’Garden Cafe menawarkan menu makanan yang beragam. Mulai dari masakan Nusantara, western, hingga yang digemari anak-anak. Beragam minuman modern juga tersedia di cafe ini. Seperti beragam jenis kopi yang diolah secara langsung dengan mesin modern, hingga minuman menyehatkan seperti health juice.

“D’Garden Cafe ini konsepnya adalah cafe keluarga bernuansa taman bunga. Pasar yang kita bidik adalah kalangan menengah ke atas. Sehingga sajian menu juga kita sesuaikan. Meski begitu, harganya masih relatif sangat terjangkau. Bahkan cukup dengan membayar tiket masuk Merapi Garden Rp5.000, pengunjung bisa menukarnya dengan welcome drink,” ujar Bayu.

Dikerjakan hanya dalam waktu sekitar dua bulan, D’Garden Cafe dibangun dengan menggunakan dana dari Koperasi serta sejumlah investor yang merupakan para pengelola koperasi itu sendiri.

Selain diharapkan mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan, maupun pendapatan unit usaha koperasi, keberadaan D’Garden Cafe ini juga diharapkan mampu memberikan dampak ekonomi yang lebih besar pada warga DCML Samiran.

Lihat juga...