IHSG Ditutup Menguat 11,29 Poin Seiring Aksi Beli Asing

JAKARTA — Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis sore ditutup menguat seiring aksi beli saham oleh investor asing.

IHSG ditutup menguat 11,29 poin atau 0,17 persen ke posisi 6.658,36. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 6,66 poin atau 0,71 persen ke posisi 950,59.

“IHSG ditutup menguat di tengah bursa regional Asia yang cenderung terpengaruh rilis data inflasi Amerika Serikat bulan Desember 2021 yang secara tahunan di level 7 persen,” tulis Tim Riset Pilarmas Investindo Sekuritas dalam ulasannya di Jakarta, Kamis.

Pelaku pasar memandang data tersebut akan mendukung kenaikan suku bunga The Fed yang diprediksi mulai dilakukan pada Maret 2022.

Sementara dari dalam negeri, katalis positif datang dari pemerintah yang memperpanjang waktu pemberian fasilitas insentif pajak terhadap barang yang diperlukan untuk penanganan pandemi COVID-19 dan fasilitas Pajak Penghasilan (PPh) bagi tenaga kesehatan sampai dengan akhir Juni 2022.

Pemerintah mengungkapkan bahwa kebijakan tersebut disebabkan penyebaran COVID-19 sebagai bencana nasional belum berakhir sepenuhnya, sehingga perlu diatur kembali insentif pajak terhadap barang yang diperlukan untuk penanganan pandemi dan fasilitas PPh bagi tenaga kesehatan.

Lihat juga...