Kapal Tol Laut Bermuatan Kontainer Sandar Perdana di Pelabuhan Babang dan Saketa

JAKARTA — Kapal Tol Laut barang bermuatan kontainer yaitu KM. Kendhaga Nusantara 9 beroperasi di Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara ditandai dengan sandar perdana di Pelabuhan Babang (28/1) dan selanjutnya di Pelabuhan Saketa (31/1).

Pelabuhan Babang dan Pelabuhan Saketa menjadi pelabuhan singgah dari trayek baru tol laut yang diusung Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di tahun 2022 ini, yakni rute T-29.

“Kehadiran tol laut ini selain memangkas disparitas harga barang karena biaya pengangkutan logistik lebih murah, juga mempermudah pelaku usaha untuk terhubung dalam bisnisnya,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Selatan Saiful Turuy dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Saat peresmian Tol Laut di Pelabuhan Babang ditandai dengan pengguntingan pita, dia mengatakan dengan adanya tol laut tersebut maka proses distribusi logistik bisa dijalankan dengan lebih mudah.

Sebagai informasi, Kapal Tol Laut KM. Kendhaga Nusantara 9 Trayek T-29 ini melayani rute Tanjung Perak–Piru–Wayaloar–Malbufa–Babang–Saketa–Gimea (Tapaleo)–Bula–Tanjung Perak.

Lihat juga...