Keterbatasan Lahan Parkir Setiap Akhir Pekan Jadi PR Pengembangan D’Garden Cafe

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BOYOLALI — Keterbatasan lahan parkir menjadi salah satu PR sekaligus tantangan bagi Koperasi Sahabat Damandiri Samiran, selaku pengelola, dalam mengembangkan unit usaha Taman Bunga Merapi Garden serta D’Garden Cafe yang terletak di Desa Cerdas Mandiri Lestari DCML Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah.

Setiap memasuki akhir pekan ataupun masa liburan, kawasan lereng gunung Merbabu yang dikembangkan Yayasan Damandiri sebagai daerah wisata sejak 2017 silam ini selalu ramai dan dipenuhi wisatawan maupun pengunjung asal luar daerah.

Selain mendatangi sejumlah objek wisata yang ada, mereka juga kerap memadati kawasan ini untuk mengunjungi sejumlah homestay maupun warung makan, restoran ataupun cafe yang banyak bermunculan dan tersebar di titik lokasi wisata favorit Desa Cerdas Mandiri Lestari DCML Samiran ini.

“Saat ini, untuk tahap awal, kapasitas D’Garden Cafe mencapai sekitar 200 orang per hari. Jumlah ini sebenarnya bisa ditingkatkan lagi. Hanya saja memang kita terkendala lahan parkir yang terbatas. Karena saat akhir pekan atau masa liburan, lokasi parkir selalu penuh. Bahkan sejumlah kendaraan pengunjung harus parkir di sepanjang jalan kampung,” ujar Manajer Umum Koperasi Sahabat Damandiri Samiran Bayu Pramana belum lama ini.

Bayu mengatakan pihaknya saat ini belum bisa fokus mengatasi persoalan keterbatasan lahan parkir ini, karena masih membangun dan mengembangkan sub unit usaha D’Garden Cafe yang belum sepenuhnya rampung.

Terlebih, sebelumnya Koperasi Sahabat Damandiri Samiran juga baru saja menyelesaikan pembangunan jalan kampung yang menjadi satu-satunya akses keluar masuk kendaraan pengunjung ke sejumlah unit usaha koperasi, baik itu Kampung Homestay Damandiri, Warung Kita Damandiri, maupun objek wisata Merapi Garden dan D’Garden Cafe.

Lihat juga...