KNTI Tekankan Pentingnya Menonjolkan Kekuatan Maritim RI

JAKARTA – Ketua Harian Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI), Dani Setiawan, menekankan pentingnya untuk menonjolkan beragam aspek kekuatan sektor kemaritiman selama Republik Indonesia memegang tampuk Presidensi G20.

“Promosi potensi kekuatan maritim dan kelautan Indonesia harus mendapat kesan penting,” kata Dani Setiawan di Jakarta, Sabtu (22/1/2022).

Menurut dia, Indonesia perlu menguatkan langkah-langkah diplomasi maritim sebagai identitas nasional Indonesia di hadapan G20.

Untuk itu, ujar dia, presidensi Indonesia perlu digunakan untuk memberi pemahaman, kesepahaman, sekaligus memberi tekanan yang terukur bagi kemudahan persyaratan masuknya produk perikanan dan kelautan asal Indonesia di negara lain, terutama anggota G20.

“Hambatan-hambatan tarif dan nontarif dari produk perikanan nasional yang selama ini merugikan Indonesia bisa dihilangkan,” kata Ketua Harian KNTI.

Ia juga mendorong kerja sama multiregional untuk mendukung pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya perikanan dan kelautan, yang saling menguntungkan dan berdimensi keberlanjutan.

Lihat juga...