KUD Jaya Mandiri Sejahtera Targetkan Perluas Lokasi Parkir Bukit Soeharto Sebelum Libur Lebaran

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

PONOROGO — Tingginya antusiasme masyarakat untuk mengunjungi objek wisata Bukit Soeharto yang terletak di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Badegan Ponorogo Jawa Timur pada masa libur Tahun Baru kemarin membuat pihak pengelola langsung berbenah. 

Koperasi Jaya Mandiri Sejahtera Bagedan yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri, sekaligus pengelola Bukit Soeharto, mengaku tengah berupaya memperluas lahan parkir objek wisata yang terletak di kawasan rest area Jalan Nasional Wonogiri-Ponorogo ini.

Manager Umum KUD Jaya Mandiri Sejahtera Badegan, Wahyu Bintoro, menyebut perluasan ini mendesak dilakukan mengingat pada masa libur Tahun Baru kemarin, antusiasme masyarakat untuk mengunjungi Bukit Soeharto luar biasa tinggi. Sementara lahan parkir yang ada, tidak mampu untuk menampung seluruh kendaraan pengunjung. Akibatnya banyak pengunjung yang terpaksa memarkirkan kendaraannya di sepanjang jalan raya.

Disampaikan Wahyu, deretan kendaraan pengunjung yang berada di sepanjang jalan raya sekitar kawasan objek wisata Bukit Soeharto tersebut bahkan terpantau hingga mencapai 1 kilometer lebih. Sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan serta mengganggu lalu arus lintas jalan nasional yang menghubungkan wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur tersebut.

“Meski modal Koperasi sangat terbatas, namun kita tetap berupaya untuk memperluas lahan parkir kawasan Bukit Soeharto. Target kita, sebelum masa libur lebaran nanti sudah bisa rampung. Harapan kita tentu pihak-pihak terkait bisa mendukung sekaligus membantu merealisasikan rencana ini. Agar Bukit Soeharto bisa memiliki fasilitas parkir yang memadai,” ungkap Wahyu.

Selain lokasi parkir, fasilitas pendukung lain yang juga masih belum sepenuhnya rampung dibangun di objek wisata Bukit Soeharto, adalah rest area. Masih berada di satu area, yakni kawasan Perhutani, rest area ini diharapkan mampu menjadi magnet bagi pengunjung untuk singgah ke kawasan Bukit Soeharto. Karena itu dukungan dari pihak-pihak terkait sangat diperlukan.

Sebagaimana diketahui, Yayasan Damandiri menetapkan Desa Badegan, Ponorogo, Jawa Timur sebagai desa binaan sejak tahun 2019 lalu. Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML), Yayasan yang didirikan Presiden RI ke 2 HM Soeharto ini, melakukan berbagai upaya pemberdayaan masyarakat baik itu di bidang pendidikan kesehatan lingkungan maupun ekonomi.

Selain mengembangkan potensi wisata berupa Bukit Soeharto, Yayasan Damandiri, melalui KUD Jaya Mandiri Sejahtera, juga berupaya memberikan akses permodalan kepada warga miskin/kurang mampu lewat unit usaha simpan pinjam Modal Kita. Tak hanya itu, Yayasan Damandiri, juga aktif menyalurkan bantuan sosial seperti melakukan program bedah rumah, renovasi masjid dan mushola, hingga memberikan santunan bagi warga terdampak pandemi Covid-19.

Lihat juga...