Lebih 7.000 Warga di Aceh Timur Mengungsi karena Banjir

BANDA ACEH – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur mencatat 7.915 warga dari 2.284 keluarga di kabupaten itu mengungsi akibat banjir.

“Ribuan warga mengungsi karena ketinggian air di rumah mereka hingga satu meter,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Aceh Timu,r Ashadi di Aceh Timur, Minggu (2/1/2022).

Menurut Ashadi, ribuan warga tersebut mengungsi tempat lebih tinggi dan tidak terendam banjir seperti meunasah maupun rumah kerabat.

Ashadi mengatakan, banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Aceh Timur terjadi karena hujan lebat sejak sepekan terakhir yang menyebabkan meluapnya beberapa sungai.

“Bukan hanya banjir, tetapi juga tanah longsor dan kerusakan badan jalan. Sejumlah rumah dan infrastruktur lainnya juga rusak akibat bencana tersebut. Jumlah kerusakan masih dalam pendataan,” kata Ashadi.

Dia mengatakan, ribuan warga mengungsi tersebut tersebar di Kecamatan Bireum Bayeun, meliputi Desa Alue Seuntang sebanyak 900 jiwa dari 225 keluarga.

Desa Alue Nyamuk sebanyak 198 jiwa dari 40 keluarga dan Desa Buket Seulumak sebanyak 751 jiwa dari 200 keluarga. Kemudian, di Kecamatan Rantau Selamat meliputi Desa Bayeun sebanyak 123 jiwa dari 50 keluarga. Desa Punti Payong sebanyak 479 jiwa dari 212 keluarga.

Lihat juga...