Libur Tahun Baru Antrean Terjadi di Sejumlah Anjungan TMII

JAKARTA — Sejumlah anjungan dan wahana di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Jabodetabek pada hari pertama 2022, Sabtu siang.

Pantau di lokasi melaporkan antrean wisatawan salah satunya tampak di Taman Legenda Keong Mas TMII. Antrean wisatawan mengular sejak pukul 09.00 WIB hingga menjelang siang.

Wisatawan yang datang tidak hanya dewasa, tapi juga anak-anak pada kelompok usia balita hingga remaja yang dibawa serta orang tua mereka.

Sejumlah personel kepolisian juga tampak mengatur jarak serta menyosisalisasikan bahaya COVID-19 dari perilaku berkerumun.

“Mudah-mudahan aman. Anak saya yang kelas 2 SD sama kakaknya juga sudah divaksin kemarin. Alhamdulillah kami sekeluarga sudah divaksin, jadi sekalian liburan juga,” kata salah satu wisatawan asal Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, Ismet.

Ia mengatakan dibutuhkan waktu sekitar 15-30 menit untuk bisa masuk ke dalam lingkungan Taman Legenda Keong Mas sejak ia mengantre sekitar pukul 09.30 WIB.

Selain itu, antrean juga tampak di Istana Anak-Anak Indonesia TMII. Meski sebagian kawasannya sedang dalam proses pemugaran untuk pembangunan wisata air, namun pengelola menyediakan satu pintu masuk di wilayah barat untuk wisatawan.

Sejumlah wisatawan juga asik bercengkerama dengan keluarga di sekitar pinggiran danau Nusantara baik dengan memanfaatkan tikar maupun terpal yang mereka bawa untuk berwisata.

“Lumayan bawa banyak saudara hari ini. Tapi sebagian lagi keliling pakai sepeda tandem. Seru juga sudah lama gak liburan,” kata wisatawan asal Tangerang, Banten, Rachmi.

Dikonfirmasi secara terpisah, Humas TMII Adi Wibowo mengatakan seluruh wahana dan anjungan TMII tetap buka saat libur Tahun Baru.

Pengunjung yang boleh masuk adalah yang sudah membeli secara langsung di gerbang masuk maupun mereka yang beli secara online di www.tamanmini.com sejak H-1.

“Data pintu masuk pengunjung TMII hari ini hingga pukul 14.00 WIB, yang beli tiket secara online 15.741 pengunjung. Bus ada lima unit, mobil 1.943 unit, motor 2.251 unit dan sepeda 71 unit,” katanya.

Ia mengatakan TMII juga tidak menerapkan pembatasan usia. Anak di bawah 12 tahun diizinkan untuk masuk dengan pengawasan dari orang tua yang telah divaksin.

Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di lingkungan TMII berada pada level 1 atau 75 persen dari total kapasitas.

“75 persen itu setara 45.000 pengunjung. Kita sedang uji coba buka untuk umum di masa pandemi ini,” katanya. [Ant]

Lihat juga...