Pemkab Batang Mereboisasi 80 Hektare Lahan Kritis di 4 Kecamatan

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, secara bertahap mereboisasi lahan kritis seluas 80 hektare yang berada di empat kecamatan, yaitu Bawang, Reban, Blado, dan Bandar.

“Secara bertahap, kami mulai menanam pohon di sejumlah lahan wilayah bagian atas. Hal ini kami lakukan karena daerah tangkapan air yang menjadi sumber air bawah tanah bisa tetap terjaga,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batang, Handy Hakim di Batang, Senin (31/1/2022).

Menurut dia, saat ini kegiatan penghijauan dengan tanaman tegakan sudah dilakukan pada lahan kritis seluas 30 ribu hektare, sedang 50 ribu hektare secara bertahap akan dilakukan dengan metode demplot.

Adapun penanaman pohon berkayu keras dan tanaman tegakan ini, kata dia bertujuan untuk mengurangi jumlah luas lahan kritis yang selama ini terus mengancam daerah atas yang merupakan daerah sumber resapan air.

Handi Hakim mengatakan, dengan berdirinya kawasan industri dan bertambahnya jumlah penduduk, maka kebutuhan masyarakat terhadap air tentu akan meningkat.

Lihat juga...