Pemkot Palangka Raya Gencarkan Vaksinasi Anak Sekolah

PALANGKA RAYA — Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah menggencarkan vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak usia sekolah sebagai bentuk persiapan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

“Saat ini vaksinasi terus berjalan. Kami terus mendorong sekolah untuk mengajak siswanya yang memenuhi syarat untuk ikut vaksinasi COVID-19,” kata Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Muhammad Aswan, di Palangka Raya, Selasa.

Vaksinasi tersebut untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas, serta meningkatkan perlindungan dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk anak-anak.

“Selain itu juga untuk melaksanakan program pemerintah dalam rangka menciptakan kekebalan kelompok di sekolah-sekolah,” kata Aswan.

Dia pun mendorong para orang tua terlibat langsung dengan mendampingi anak untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19. Selain itu juga memberikan pengertian terhadap anak tentang manfaat disuntik vaksin.

Aswan mengatakan, sampai November lalu, tercatat siswa di 48 sekolah tingkat SMP sederajat di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah telah mengikuti vaksinasi.

Dari total siswa sebanyak 11.173 orang tercatat 7.508 telah divaksinasi dan 3.665 sisanya belum divaksinasi. Namun demikian, jika melihat pelaksanaan vaksinasi yang terus dilakukan, jumlah anak-anak setingkat sekolah menengah pertama sekitar 8.000-an telah divaksinasi COVID-19 dosis pertama.

“Data terbaru capaian vaksin sedang kami perbaharui kembali. Saat ini masih diolah karena menghimpun datanya dari sekolah,” kata Aswan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan “Kota Cantik” Akhmad Fauliansyah mengatakan secara bertahap, bekerja sama dengan berbagai pihak terkait, pemerintah kota akan menggencarkan vaksinasi untuk pelajar.

“Secara bertahap, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk anak sekolah tingkat sekolah dasar dan SMP akan terus dilaksanakan. Ini agar meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap ancaman penyebaran COVID-19,” kata Akhmad. [Ant]

Lihat juga...