Prajurit TNI Bantu Evakuasi Korban Banjir di Nimbokrang Jayapura

JAYAPURA — Prajurit TNI Kodim 1701/Jayapura membantu evakuasi warga yang rumahnya terendam banjir akibat meluapnya Kali Grime dan Kali Aso di Kampung Nimbokrang Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu (9/1)

Komandan Kodim 1701/Jayapura Letkol Inf Richard Arnold Sangari dalam keterangan mengungkapkan, banjir akibat intensitas hujan yang tinggi disertai angin di awal Januari 2022 mengakibatkan beberapa wilayah Jayapura terjadi banjir dan tanah longsor.

“Saat ini pada Minggu 9 Januari juga terjadi banjir di Distrik Nimbokrang Kabupaten Jayapura. Sekitar 240 rumah warga terendam, dengan ketinggian air sekitar 50 cm sampai 1,5 meter,” ungkap Dandim.

Letkol Richard Sangari menegaskan, dengan terjadinya banjir jajaran Koramil Nimboran yang merupakan satuan jajaran Kodim Jayapura, secara langsung sigap membantu warga pada Minggu (9/1) karena banjir akibat meluapnya Kali Grime dan Kali Aso di kampung Nimbokrang, distrik Nimbokrang.

“Sampai saat ini tidak ada korban jiwa, warga yang rumahnya terendam air mengungsi ke keluarga terdekat. Rumah terendam banjir kurang lebih 240 rumah,” ujarnya.

Diakui Dandim, banjir Nimbokrang mengakibatkan perabotan warga terendam air, lahan pertanian terendam air, ternak warga diungsikan ke tempat yang tidak kena genangan air.

“Sampai siang ini ketinggian air kurang lebih 150 cm,” katanya.

Disebutkan Dandim, jajaran Kodim 701/Jayapura telah mengambil tindakan dan langkah-langkah dengan berkoordinasi dengan kepala kampung, distrik dan masyarakat untuk membantu warga yang kena banjir.

“Saat ini pula, semuanya telah berada di lokasi banjir untuk mengevakuasi, memberikan bantuan makanan dan minuman, serta membantu dengan mengerahkan alat perlengkapan agar lebih cepat penanganannya,”ujarnya. [Ant]

Lihat juga...