Segarnya Teh Krampul Kreasi Warga Yogyakarta

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Saat anda berkunjung atau berlibur ke Yogyakarta, rasanya wajib mencicipi minuman khas satu ini. Teh Krampul, namanya. Meski terbuat dari bahan yang sangat sederhana, minuman satu ini memiliki citarasa khas yang tak dimiliki minuman sejenis pada umumnya.

Sepintas, Teh Krampul mirip dengan minuman teh pada umumnya. Hal itu tak lepas karena Teh Krampul merupakan variasi dari minuman teh biasa. Yang membedakan adalah irisan jeruk yang ada di dalamnya.

“Dinamakan Teh Krampul karena terdapat irisan jeruk peras yang ‘kemrampul’ atau mengambang di dalam minuman ini. Baik itu bagian kulitnya, isinya ataupun potongan dagingnya,” ungkap Galih Sutrisno, pengelola restoran Warung Eyup, Cangkringan, Sleman, yang menyajikan minuman Teh Krampul, belum lama ini.

Menurut Galih, untuk membuat Teh Krampul cukup mudah. Tak jauh berbeda dengan membuat teh pada umumnya. Bahan yang perlu disiapkan, antara lain adalah gula batu, jeruk peras, teh serta air panas.

Galih Sutrisno, pengelola restoran Warung Eyup, Cangkringan, Sleman, yang menyajikan minuman Teh Krampul. –Foto: Jatmika H Kusmargana

“Pertama siapkan gelas, lalu masukkan gula batu. Sementara itu, potong jeruk peras menjadi 4 bagian. Campurkan potongan jeruk lalu tuangkan air teh yang telah diseduh. Aduk hingga merata dan Teh Krampul siap disajikan,” katanya.

Tak seperti teh pada umumnya, sebelum diaduk Teh Krampul akan memiliki ciri khusus berupa gradasi warna putih kekuningan bercampur coklat kehitaman. Warna putih kekuningan berasal dari air serta gula batu. Sementara warna coklat kehitaman berasal dari teh.

“Yang perlu diperhatikan, jeruk peras tidak boleh terlalu matang atau terlalu mentah. Karena akan mengurangi cita rasa Teh Krampul. Yakni, perpaduan antara manis gula batu, harum dan wangi teh serta sedikit asam daging jeruk, serta sedikit pahit kulit jeruk,” katanya.

Salah seorang konsumen, Yeti, mengaku baru pertama menikmati Teh Krampul. Menurutnya, teh ini memiliki cita rasa yang sangat khas, serta cocok dinikmati bagi semua kalangan.

“Segar sekali, rasa teh terasa, tapi juga ada asam-asamnya. Kalau teh biasanya itu kan nasgitel kentel (panas legi/manis, kental). Tapi, Teh Krampul ini lebih segar dan ringan, jadi cocok untuk semua kalangan” katanya.

Lihat juga...