Tingkatkan Omset Usaha, Warung Kita DCML Dieng Kulon Buka Jasa Catering

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BANJARNEGARA — Unit usaha KUD Pelita Sejahtera Mandiri yakni Warung Kita/Cafe Damandiri di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Dieng Kulon Batur Banjarnegara Jawa Tengah terus melakukan sejumlah inovasi demi meningkatkan omset atau pendapatan usaha.

Manager Usaha Dieng Garden, KUD Pelita Sejahtera Mandiri, Bagus Ramadhani. Foto: Jatmika H Kusmargana

Salah satunya adalah melebarkan sayap usaha dengan membuka usaha jasa katering bagi para wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng. Hal ini dilakukan menyikapi masih sepinya unit usaha Warung Kita/Cafe Damandiri yang dibangun Yayasan Damandiri sejak 2020 silam.

Manager Usaha Dieng Garden, KUD Pelita Sejahtera Mandiri, Bagus Ramadhani, mengatakan memilih usaha jasa katering karena melihat banyaknya wisatawan yang berkunjung ke kawasan Dieng setiap akhir pekan atau musim liburan. Rombongan wisatawan dari luar daerah tersebut selalu membutuhkan makanan, sehingga menjadi peluang usaha di bidang kuliner.

“Kita melihat ada peluang di bidang jasa katering. Karena keterbatasan modal, akhirnya kita mengandeng warung-warung di sekitar DCML Dieng Kulon untuk berkerja sama, dengan sistem bagi hasil. Selain bisa menambah pemasukan Cafe Damandiri, hal ini juga sekaligus bagian pemberdayaan UKM warga desa,” katanya.

Baru sekitar 2 bulan berjalan, usaha jasa katering ini dikatakan saat ini telah mulai ramai. Pada masa libur Natal dan Tahun Baru kemarin, usaha katering Cafe Damandiri bahkan bisa mendapatkan pesanan makanan siap santap hingga 130 pcs per harinya. Yakni dengan pemasukan sekitar Rp750 ribu per sekali order.

“Jadi jika ada rombongan wisatawan dari luar daerah, nanti akan kita fasilitasi untuk makan di Cafe Damandiri. Menu makanannya dibuat dan disediakan warga desa yang memiliki usaha warung makan. Menunya sesuai pesanan, mulai dari nasi ayam, nasi ikan, mie ongklok dsb,” katanya.

Sebagaimana diketahui, sejak 2018 Ialu, Yayasan Damandiri menetapkan Desa Dieng Kulon sebagai desa binaan program Desa Cerdas Mandiri Lestari. Lewat program ini Yayasan yang didirikan Presiden ke-2 RI, HM Soeharto berupaya mengatasi persoalan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Dieng Kulon melalui berbagai program pemberdayaan.

Selain mendirikan koperasi jasa KUD Pelita Sejahtera Mandiri sebagai motor penggerak ekonomi, Yayasan Damandiri juga memberikan akses pinjaman modal usaha bagi warga miskin melalui program Modal Kita. Sementara di sektor pariwisata, Yayasan Damandiri mendirikan dua unit usaha sekaligus yakni objek wisata Taman Bunga Dieng Garden serta Warung Cafe Damandiri di lahan seluas 2700 meter persegi.

Mulai dibangun awal tahun 2020 lalu dan selesai Januari 2021, Keberadaan Warung Kita/Cafe Damandiri ini diharapkan mampu menjadi salah satu alternatif lokasi kuliner di kawasan wisata dataran tinggi Dieng khususnya di DCML Dieng Kulon.

Lihat juga...