Yogyakarta Targetkan Vaksinasi Anak Tuntas Bulan Ini

Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi. -Ant

YOGYAKARTA – Pemerintah Kota Yogyakarta berupaya untuk terus mempercepat penyelesaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun, yang diharapkan dapat segera diselesaikan atau tuntas akhir Januari 2022 untuk pemberian dosis pertama.

“Saat pembelajaran tatap muka sudah kembali digelar, maka proses vaksinasi dimungkinkan bisa dipercepat,” kata Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Senin (3/1/2022).

Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta memastikan ketersediaan vaksin untuk vaksinasi anak 6-11 tahun, yakni Sinovac, mencukupi.

“Vaksin dalam jumlah cukup dan kami sudah berkoordinasi ke DIY yang siap melakukan back-up untuk penyediaan vaksin bagi anak 6-11 tahun,” katanya.

Selain dilakukan di sekolah melalui puskesmas terdekat, kegiatan vaksinasi untuk anak 6-11 tahun juga bisa dilayani di Sentra Vaksinasi Yogyakarta bertempat di XT-Square.

“Vaksinasi untuk anak 6-11 tahun ini juga dimungkinkan sudah dimulai untuk siswa TK, apabila usia mereka sudah memenuhi syarat,” katanya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, hingga akhir Desember 2021 capaian vaksinasi anak sudah mencapai sekitar 30 persen dari total sasaran sekitar 40.000 anak.

Kegiatan vaksinasi anak di Yogyakarta sudah dilakukan sejak pertengahan Desember, dan diharapkan vaksinasi dosis pertama untuk anak bisa diselesaikan akhir Januari.

Sasaran vaksinasi anak di Kota Yogyakarta tidak hanya warga Kota Yogyakarta saja, tetapi juga siswa warga luar daerah yang bersekolah di Kota Yogyakarta.

Hingga saat ini, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta belum menerima laporan kejadian ikutan pascaimuninasi (KIPI) yang dialami anak. “Harapan kami, semua pihak bisa mendukung program vaksinasi anak ini, baik orang tua, keluarga, dan sekolah,” kata Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Lana Unwanah.

Salah satu SD yang akan melaksanakan vaksinasi, SD Lempuyangwangi Yogyakarta, menjadwalkan kegiatan vaksinasi pada 6 Januari untuk siswa kelas 1-3 dan 10 Januari untuk siswa kelas 1-5. (Ant)

Lihat juga...