Cuaca Ekstrem Sebabkan 27 Rumah Warga Kecamatan Kesui Rusak

AMBON — Sebanyak 27 rumah warga di Kecamatan Kesui Watubela, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku dilaporkan rusak sedang hingga berat karena dihantam gelombang pasang atau banjir rob dan cuaca ekstrem.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten SBT Usman Keliobas yang dikonfirmasi melalui telepon seluler di Ambon, Jumat, membenarkan puluhan rumah warga di Kecamatan Kesui Watubela rusak karena dihantam gelombang tinggi dan angin kencang pada Selasa (22/2).

“Laporan awal yang diterima dari Camat Kesui Jefry Warat sebanyak 17 rumah warga Negeri Ilili mengalami kerusakan. Ini masih bersifat sementara karena pendataan masih dilakukan di lapangan,” katanya.

Menyangkut kerusakan rumah warga di negeri dan dusun lain di di Kecamatan Kesui Watubela, ia mengakui belum menerima laporan resminya dari pihak kecamatan, mengingat komunikasi ke kecamatan tersebut sulit.

“Camat sudah perintahkan staf kecamatan untuk turun melakukan pendataan di lapangan. Mudah-mudahan semua kerusakan akibat cuaca ekstrem dapat terdata dalam waktu cepat, sehingga bisa dilakukan langkah penanganan darurat,” katanya.

Lihat juga...