Kasus COVID-19 di Cirebon Melonjak, RSUD Siapkan Ratusan Ranjang

CIREBON – Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menyatakan kasus COVID-19 kembali melonjak. Dalam sehari mencapai puluhan warga terkonfirmasi positif, dan dua rumah sakit umum daerah (RSUD) menyiapkan ratusan tempat tidur mengantisipasi hal terburuk.

“Saat ini ada 137 warga yang terkonfirmasi positif COVID-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Neneng Hasanah di Cirebon, Sabtu (5/2/2022).

Ia mengatakan, dari jumlah kasus itu, 100 warga menjalani isolasi mandiri, dan 36 orang lainnya dilakukan perawatan di rumah sakit.

Menurutnya, ada 11 rumah sakit yang sudah siap untuk melayani pasien COVID-19, baik rumah sakit milik pemerintah maupun swasta.

“Isolasi dilakukan di 11 rumah sakit yang ada di Kabupaten Cirebon,” tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Cirebon memiliki dua RSUD, yaitu Arjawinangun, dan Waled yang terletak di wilayah barat dan timur daerah tersebut.

Direktur RSUD Arjawinangun Bambang Sumardi menuturkan, rumah sakitnya akan menyiapkan 180 tempat tidur (TT) untuk penanganan COVID-19, dari total 368 TT yang ada di rumah sakit tersebut.

“Sekitar 50 persen dari jumlah total tempat tidur di RSUD Arjawinangun, disiapkan untuk menangani lonjakan kasus COVID-19,” kata Bambang.

Lihat juga...