Kasus COVID-19 di Kapuas Mulai Meningkat Signifikan

KUALA KAPUAS – Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga, menyatakan tingkat kasus penyebaran COVID-19 di wilayah setempat mulai meningkat signifikan sejak sepekan terakhir.

“Saat ini jumlah kasus orang terpapar COVID-19 di wilayah ini berjumlah 39 orang, di antaranya tiga sedang dirawat di rumah sakit dan 36 lainnya menjalani isolasi mandiri,” kata Panahatan di Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Senin (7/2/2022).

“Kami imbau kepada masyarakat bahwa saat ini kondisi pandemi COVID-19 sangat tinggi. Jadi, diharapkan seluruh masyarakat untuk dapat mematuhi protokol kesehatan secara ketat,” tambahnya.

Terkait meningkatnya penyebaran kasus di kabupaten setempat, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah antisipasi di antaranya, melakukan penyekatan atau pengetatan arus perjalanan masuk orang di perbatasan antara Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

“Kami sudah mulai berlakukan sejak Minggu (6/2) sampai 19 Februari 2022. Jadi, pertama penyekatan dilakukan selama dua minggu atau empat belas hari ke depan. ini harus dilakukan, sebagai upaya mengantisipasi sekaligus menekan penyebaran COVID-19,” beber dia.

Pos penyekatan yang berada di Kilometer 12,5 Anjir Serapat Kapuas Timur, tepatnya di jembatan timbang, Kecamatan Kapuas Timur, akan memberlakukan arus perjalanan orang masuk wilayah Kabupaten Kapuas, di antaranya menjaring orang yang masuk berisiko bergejala COVID-19, melakukan pengecekan kartu vaksin COVID-19 baik dosis satu maupun dua.

Lihat juga...