KUD SHS Mandiri Krambilsawit Segera Aktifkan Usaha Budidaya Magot

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Setelah sempat tertunda dan terhenti cukup lama, KUD SHS Mandiri Krambilsawit akan memulai mengaktifkan kembali unit usaha sentra budidaya magot pada tahun 2022 ini. 

Hal tersebut diungkapkan Pengurus KUD SHS Mandiri Krambilsawit, Antono Putra, kepada Cendananews belum lama ini.

Anton menyatakan, pihaknya saat ini tengah intens berkoodinasi dengan sejumlah pihak untuk bisa mewujudkan rencana tersebut.

“Saat ini kita sedang melakukan assesmen dengan berbagai pihak baik itu dinas maupun stakeholders terkait. Rencananya tanggal 15 Maret nanti kita akan mulai menghidupkan budidaya Moggot Koperasi,” ungkapnya.

Untuk bisa menjalankan budidaya Magot tersebut, pihak koperasi sendiri rencananya akan melakukan sejumlah persiapan.

Mulai dari persiapan kandang, melakukan pelatihan bagi warga/petani yang terlibat hingga persiapan penyediaan bibit dan sebagainya.

“Untuk tempat atau kandang budidaya Magot sudah siap. Yakni, menempati lahan seluas 3000 meterpersegi yang sudah kita siapkan sejak awak 2020 lalu,” katanya.

Koperasi SHS Mandiri Krambilsawit merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri, mencoba mengembangkan sentra budidaya Magot di Desa Cerdas Mandiri Lestari Krambilsawit Saptosari Gunung Kidul, Yogyakarta sejak tahun 2020.

Selain bertujuan menggerakkan ekonomi serta mewujudkan ketahanan pangan desa, budidaya magot ini juga diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi persoalan lingkungan, khususnya dalam mengolah sampah maupun limbah organik.

Lihat juga...