Kudus Siapkan Rusunawa Untuk Isolasi Terpusat COVID-19

KUDUS – Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai mempersiapkan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Bakalan Krapyak sebagai tempat isolasi terpusat, untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19.

“Kami mencatat, tren kasus COVID-19 di daerah kita mulai naik, sehingga perlu segera disiapkan tempat isolasi. Jika sebelumnya sudah disiapkan di gedung bekas Akbid, maka nantinya disiapkan pula di Rusunawa,” kata Bupati Hartopo di Kudus, Senin (7/2/2022).

Bupati Kudus itu juga berharap rekrutmen tenaga kesehatan (nakes) segera dilakukan, karena pengalaman lonjakan kasus sebelumnya, Kabupaten Kudus kewalahan dengan kurangnya jumlah tenaga kesehatan sehingga harus dibantu relawan.

Tempat isolasi terpusat yang ada nantinya, kata dia, juga perlu ada petugas-nya, baik dari tenaga kesehatan maupun tenaga lainnya. Ketika ada yang terkonfirmasi positif COVID-19 tanpa gejala bisa langsung dibawa ke tempat isolasi tersebut.

Ia juga sudah menginstruksikan semua rumah sakit di Kabupaten Kudus untuk mempersiapkan ruang isolasi pasien COVID-19, terutama di ruang ICU. Selain itu, kebutuhan obat-obatan juga harus disiapkan, termasuk alat pelindung diri (APD) tenaga kesehatan maupun oksigen dengan kapasitas yang aman.

Lihat juga...