Menperin : RI Dorong Kolaborasi G20 Lakukan Terobosan Industri

JAKARTA — Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia mendorong kolaborasi negara-negara G20 dalam melakukan terobosan dan aksi nyata pada sektor perindustrian, perdagangan, dan investasi, guna berkontribusi besar bagi pemulihan ekonomi global dari dampak pandemi.

“Kami mengajak untuk berkolaborasi dalam mengatasi tantangan akibat pandemi dan merumuskan strategi bersama untuk mencapai pertumbuhan industri yang inklusif dan berkelanjutan untuk menciptakan ekonomi yang lebih kuat,” kata Menperin Agus Gumiwang saat menghadiri Trade, Investment, and Industry Working Group (TWIIG) virtual di Jakarta, Selasa.

Dengan demikian, lanjut Menperin, negara-negara G20 menjadi lebih siap dalam menghadapi berbagai krisis pada masa mendatang, baik krisis ekonomi maupun krisis kesehatan.

Menperin Agus menyampaikan bahwa isu industri bukan hal baru yang dibahas pada gelaran Forum G20, namun menjadi sebuah platform TWIIG adalah pertama kalinya digelar di Indonesia, yang juga merupakan inisiatif Pemerintah Indonesia.

“TIIWG akan menjadi sejarah karena untuk pertama kalinya isu industri dibahas secara khusus dalam penyelenggaraan G20,” ujar Menperin.

Terlebih, lanjut dia, industri kerap menjadi kontributor utama pendorong pertumbuhan ekonomi di beberapa negara, yang juga terdampak pandemi COVID-19.

Lihat juga...