Menteri BUMN: Tol Binjai-Stabat Dapat Memangkas Waktu Perjalanan

JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan rampungnya Jalan Tol Binjai – Stabat dapat memangkas waktu perjalanan.

“Jalan Tol Binjai–Stabat akan terhubung langsung ke Tol Medan–Binjai yang sudah terlebih dahulu beroperasi. Kehadiran jalan tol ini akan membantu memangkas waktu tempuh Stabat ke Bandara Kualanamu dari 2 jam menjadi kurang lebih 45 menit saja,” ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Erick Thohir menyampaikan antusiasme atas Proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Binjai–Langsa seksi Binjai–Stabat sepanjang 11,8 km yang telah rampung.

Ia mengapresiasi kinerja PT Hutama Karya (Persero) selaku pemilik proyek beserta PT HK Infrastruktur (HKI) selaku kontraktor dalam percepatan penyelesaian ruas tol ini. Selain itu ia  menyampaikan  rampungnya proyek tol ini menambah panjang JTTS yang sarat akan manfaat.

Hutama Karya memastikan bahwa untuk mempersiapkan pengoperasian Tol Binjai–Stabat, telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 14–15 Januari 2022 lalu oleh perusahaan bersama dengan Badan Pengatur Jalan Tol, Bina Marga, Korlantas, BBPJN Sumut, dan instansi lainnya. Adapun Sertifikat Laik Operasi (SLO) telah diterima pada 28 Januari 2022 lalu.

Lihat juga...