Mobil Damkar Efektif Atasi Banjir di Surabaya

SURABAYA – Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menilai mobil dinas pemadam kebakaran cukup efektif mengatasi banjir atau genangan akibat hujan deras yang terjadi di Kota Surabaya, Jawa Timur, dalam beberapa hari terakhir ini.

“Mobil pemadam kebakaran ini bagian dari langkah taktis untuk menyedot genangan air supaya cepat surut,” kata Wali Kota Eri Cahyadi di Surabaya, Jumat (25/2/2022).

Banjir cepat surut setelah disedot mobil pemadam kebarakan (damkar) di kawasan Jalan Raya Menganti, Kecamatan Wiyung, Kota Pahlawa, Jatim, pada Senin (22/2) malam, dan Jalan Tembaan (Tugu Pahlawan) hingga Jalan Semarang atau depan Stasiun Pasar Turi Surabaya pada Kamis (24/2) malam.

Eri mengatakan, setidaknya ada tiga unit mobil Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (PMKP) Surabaya yang diterjunkan menyedot genangan di kawasan Jalan Tembaan. Air yang sudah disedot, kemudian dibuang ke saluran besar. Tidak sampai satu jam, genangan air di kawasan Jalan Tembaan surut.

Tidak hanya itu, mobil damkar juga menyedot air di Jalan Semarang, tepatnya di depan Stasiun Pasar Turi. Ada sekitar 14 unit mobil PMKP beserta 8 unit mobil tangki milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang dikerahkan.

Dari hasil pengamatannya di lapangan, Eri menyatakan genangan terjadi karena Rumah Pompa Greges tidak mampu menampung air dari Jalan Raden Saleh, Kranggan, hingga Gundih. Apalagi air dari Jalan Tembaan (Stella Maris), juga mengalir menuju ke Jalan Semarang.

Lihat juga...