Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Agrowisata DCML Cilampunghilir Masih Menunggu Investor

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

TASIKMALAYA — Upaya pemberdayaan masyarakat melalui usaha peternakan berbasis wisata edukasi, yang digagas Koperasi Amanah Galunggung Mandiri, hingga awal tahun 2022 ini diketahui masih belum bisa terealisasi.

Hal tersebut disebabkan karena, keterbatasan modal yang dimiliki Koperasi binaan Yayasan Damandiri, di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Cilampunghilir Padakembang Tasikmalaya Jawa Barat. Pihak koperasi juga mengaku masih kesulitan mencari investor untuk mewujudkan rencana tersebut.

“Terkait pengembangan usaha di bidang peternakan, sebenarnya semua konsepnya sudah ada. Bahkan kita juga sudah siapkan lahan. Hanya saja sampai saat ini kita masih fokus untuk mencari investor. Sehingga belum bisa jalan,” ungkap Manager Umum Koperasi Amanah Galunggung Mandiri Yana Khairul Taufik Ismail belum lama ini.

Yana menjelaskan, usaha peternakan berbasis wisata edukasi di DCML Cilampunghilir sebenarnya merupakan peluang usaha yang sangat bagus bagi Koperasi Amanah Galunggung Mandiri. Selain memiliki potensi keuntungan yang cukup tinggi, usaha ini sebenarnya juga merupakan salah satu bidang pemberdayaan yang diharapkan masyarakat desa.

Sejumlah faktor yang mendasari hal tersebut antara lain adalah banyaknya masyarakat desa Cilampunghilir yang selama ini menjalankan usaha di sektor peternakan. Selain beternak sapi sejumlah warga desa biasanya juga beternak domba untuk menambah pendapatan keluarga.

Lihat juga...