Pembiayaan Pandemic PPR Global Capai 34,4 Miliar Dolar AS

JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menyatakan kebutuhan pembiayaan Pandemic PPR (prevention, preparedness, and response) secara global mencapai 34,4 miliar dolar AS per tahun.

“G20 mengkaji dan memperkirakan kebutuhan pembiayaan PPR global sebesar 34,4 miliar dolar AS per tahun,” katanya dalam Agenda Presidensi G20 Indonesia di Jakarta, Kamis (17/2/2022).

Dalam hal ini, Presidensi G20 Indonesia memobilisasi pembiayaan yang diperlukan untuk mengisi kesenjangan pembiayaan prevention, preparedness, and response pandemi.

Presidensi G20 Indonesia juga memobilisasi pembiayaan untuk barang-barang publik global, dalam rangka memperkuat ketahanan sistem kesehatan global.

“Penguatan semangat multilateralisme sangat penting untuk mencapai investasi pada skala yang diperlukan, untuk mencegah wabah berikutnya,” ujarnya.

Selain itu, Presidensi G20 Indonesia turut mendorong pembentukan gugus tugas menteri keuangan dan menteri kesehatan sedunia dalam rangka meningkatkan koordinasi untuk mencapai kebijakan yang konkrit.

Lihat juga...