Puluhan Tenaga Kesehatan di Kudus Terpapar COVID-19

Bupati Kudus Hartopo bersama Forkopimda mengecek kesiapan rumah sakit rujukan pelayanan pasien COVID-19 di Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus, Rabu (16/2/2022). ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.

KUDUS – Sebanyak 50 tenaga kesehatan dari beberapa rumah sakit di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, terpapar penyakit virus corona (COVID-19) yang diduga berasal dari klaster penularan keluarga.

“Dari puluhan tenaga kesehatan yang terpapar, sekitar 30 nakes di antaranya dari Rumah Sakit Mardi Rahayu,” kata Bupati Kudus Hartopo, didampingi Pelaksana harian Kepala Dinas Kesehatan Andini Aridewi di Kudus, Rabu (16/2/2022).

Ia mengungkapkan, tenaga kesehatan yang terpapar COVID-19, sudah menjalani isolasi mandiri karena gejalanya tergolong ringan.

Semua rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di Kabupaten Kudus, kata dia, sudah mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan adanya lonjakan kasus corona, salah satunya mempersiapkan ruang perawatan.

Untuk saat ini, kata dia, tingkat keterisian tempat tidur untuk pasien di rumah sakit sekitar 45 persen dari tempat tidur yang tersedia, sehingga jumlah tempat tidur untuk pasien corona masih aman.

“Kalaupun ada lonjakan kasus, maka rumah sakit secara otomatis akan menambah ruang rawat inap,” ujarnya.

Lihat juga...